Konsultasi Psikologi Online dapat Membantu Meredakan Kecemasanmu



Banyaknya tuntutan dalam hidup yang dijalani seringkali menimbulkan rasa tertekan, cemas, dan stress.

Hal yang wajar apabila kita merasa lelah dengan rutinitas sehari-hari yang dijalankan. Keadaan yang tak pasti seringkali menimbulkan berbagai tuntutan. Tak jarang tuntutan tersebut membuat perasaan menjadi tidak tenang. Rasanya semacam ada ketidak nyamanan yang muncul dan menghantui kepala kita.

Dalam menghadapi setiap tuntutan, tak semua orang bisa melaluinya dengan baik. Sebagian memilih membiarkannya dan menimbun perasaan tidak nyaman hingga akhirnya meresap sampai ke alam bawah sadar. Namun, semakin menumpuk perasaan tidak nyaman ini akan semakin besar kemungkinan meledak di suatu hari nanti yang mau tidak mau harus diatasi.

Perjalanan setiap orang dalam mencari solusi untuk memenuhi tuntutan hidup berbeda-beda. Medan juang yang dilewati pun tidak sama. Setiap orang berada di jalannya yang juga dilewati dengan cara masing-masing. Tak jarang dalam perjalanan tersebut menemui kendala yang membuat perasaannya semakin cemas dan tertekan. Bahkan di antara beberapa orang ada yang sampai harus mengalami trauma.

Sejatinya, perasaan sedih dan senang itu selalu datang silih berganti di kehidupan manusia. Sama halnya dengan hal-hal yang memicu tekanan, ia selalu datang. Kita tidak tahu kapan datangnya tekanan dalam hidup, namun kita bisa mempelajari untuk mengelola setiap perasaan yang ditimbulkan dari setiap kejadian. Walaupun, kita mengerti bahwa mengelola perasaan yang datang silih berganti dengan variasi yang berubah-ubah membuat prosesnya tidak mudah.

Lalu bagaimana jika tuntutan hidup terus menghantui pikiran dan perasaan? Bagaimana jika kecemasan itu tak kunjung mereda?

Apabila perasaan cemas itu tak bisa kamu atasi sendiri, tidak apa-apa untuk mencari bantuan orang lain. Memberanikan diri untuk menemukan pertolongan yang tepat dapat mempercepat pemulihan pada jiwa kita. Sehingga kita tak berlarut-larut dalam masalah yang sama dan membuat aktivitas kita terganggu.

Jika kamu merasa kecemasan dalam dirimu semakin hari semakin bertambah dan sulit diatasi sendiri serta membuat aktivitasmu terganggu. Maka kamu perlu mencari pertolongan yang tepat sesegera mungkin.

Aktivitas seperti apa saja contohnya?

  •      Aktivitas makan, mungkin terjadi perubahan yang drastis seperti: tidak makan atau justru makan berlebihan padahal biasanya tidak seperti itu.
  •     Aktivitas tidur, misalnya tidak bisa tidur dalam beberapa hari dan atau tidur terus menerus dalam jangka waktu yang panjang; padahal sebelumnya tidak pernah mengalami siklus tidur yang demikian.
  •     Aktivitas lainnya, misalnya tidak ke sekolah atau tidak bekerja, mengurung diri, dan membatasi diri untuk berkomunikasi dengan orang lain; padahal sebelumnya aktivitas sekolah/kerja berjalan seperti biasanya dan terbuka berkomunikasi dengan siapa saja.
  •       Adanya kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri dan orang lain
  •      Dan lain sebagainya.

Bagaimana caranya menolong diri sendiri di saat tidak baik-baik saja?

1.      Menghubungi orang terdekat yang kamu percaya. Ceritakan apa yang kamu alami dan rasakan. Katakan padanya bahwa kamu membutuhkan bantuannya untuk mengatasi rasa cemasmu.

2.      Hubungi layanan psikologi yang ada di sekitar daerahmu. Kamu bisa mencari bantuan profesional dengan mendatangi rumah sakit yang menyediakan layanan konsultasi psikologi.

3.      Hubungi layanan konseling psikologi online yang bisa diakses melalui ponselmu. Di sana kamu bisa melakukan sesi konseling online yang dapat membantumu jika tidak memungkinkan untuk bertemu secara langsung.

Di era sekarang, layanan kesehatan tidak hanya bisa diakses secara offline saja. Akan tetapi, ada juga layanan kesehatan online yang dapat kita hubungi. Tak hanya layanan kesehatan fisik, namun layanan kesehatan psikologi juga dapat kita temukan di media online. Ada banyak alasan mengapa kita perlu mencoba melakukan konsultasi psikologi online, selain karena dapat diakses dengan mudah juga dapat diakses dengan cepat.


Beli karya premium Cersius dan beri tip melalui Karya Karsa dengan cara KLIK DI SINI

Comments

Populer

Psikologi pada Masa Yunani Kuno

Resume Buku: Sufi Dari Zaman Ke Zaman

Teori Harapan

Akal Manusia Itu Totalitas atau Terbatas?

Kajian Psikologi tentang Proses Berpikir Manusia

Cara Mendapatkan Buku Gratis Agar Tidak Membeli Buku Bajakan

Hal-hal yang Bisa Kamu Lakukan di Semester Muda

Nahdlatun Nisa : Strategi Gerakan Kopri Menghadapi Revolusi Industri 4.0