Posts

Hal-hal yang Bisa Kamu Lakukan di Semester Muda

Image
Di semester muda udah cemas mikirin skripsi? Belum ada bayangan apa-apa mau ngerjainnya gimana? Takut gagal dan kurang persiapan? Gembar-gembor tentang seremnya skripsi memang bikin deg-degan. Tak terkecuali pada mahasiswa baru atau mahasiswa muda yang belum lama masuk dunia kampus. Ramainya cerita tentang kesulitan skripsi dan horornya proses pengerjaan skripsi tak jarang membuat mahasiswa muda merasa khawatir. Rasa cemas ini kemudian mengantarkan sebagian mahasiswa muda mencari tahu dan bertanya-tanya kepada kakak tingkat atau mahasiswa lama yang sedang mengerjakan tugas skripsi. Namun, bukannya diberi pencerahan justru malah diledek, ditertawakan, dan menjadi bahan olok-olok. Untuk apa sih mahasiswa baru udah tanya-tanya skripsi? Baru juga masuk kampus, ngapain repot-repot tanya skripsi ke mahasiswa tingkat akhir? Pahami Apa yang Ditanyakan, Berikan Jawaban yang Menenangkan Hal yang wajar jika mahasiswa baru sudah bertanya tentang skripsi. Pasalnya, mahasiswa baru biasan

Cara Mendapatkan Buku Gratis Agar Tidak Membeli Buku Bajakan

Image
Dari waktu ke waktu problematika pembajakan buku tak pernah lepas dari pembahasan. Seperti beberapa pekan yang lalu saat publik digegerkan dengan status Facebook Tere Liye yang bersuara keras mengkritik para pembajak buku dan penikmat buku bajakan. Pernyataan Tere Liye lantas viral di media sosial dan memanas di Twitter. Pasalnya, ada kata-kata yang dianggap terlalu vulgar dan tidak pantas dalam pernyataan yang dilontarkan penulis buku "Hujan" tersebut. Sehingga menimbulkan pro dan kontra yang menjadikannya trending di lini masa. Sebetulnya, tidak hanya sekali dua kali Tere Liye mengkampanyekan pembelian buku original di media sosialnya. Bahkan seringkali ia menggunakan kalimat-kalimat yang halus dan sopan. Akan tetapi, nyatanya pembajakan buku tak juga berkurang, pernyataannya yang lembut tak diperhatikan, dan tak banyak mengubah keadaan. Bahkan kini di era digital, buku-buku bajakan diobral dengan harga sangat murah di marketplace ternama. Tentu saja sebagai pen

Ikuti Program Promosi Gratis di Cersius

Image
Halo, selamat pagi.  Bulan Juni yang cerah ini ada informasi baru dari Cersius nih! Khusus Juni 2021, Cersius membuka kesempatan seluas-luasnya kepada siapapun yang ingin mendaftar untuk mengikuti program promosi gratis. Saat ini, blog Cersius memang masih dalam tahap pengembangan, tetapi semoga bisa bermanfaat dan membantu meskipun dalam lingkup kecil. Jika kamu tertarik dan memiliki produk/jasa/karya/bisnis yang ingin kamu tawarkan kepada pengunjung setia Cersius, kamu bisa simak syarat dan ketentuannya di bawah ini. 1. Tulis ulasan tentang produk/karya/jasa/bisnis yang akan kamu tawarkan dalam file word minimal 500 kata. 2. Lampirkan juga foto produk/karya/jasa/bisnis yang menarik. 3. Jangan lupa mengirimkan biodata singkat seperti nama lengkap, no WhatsApp, alamat, akun media sosial (FB/Twitter/IG). 4. Cantumkan juga bagaimana cara membeli produk/jasa/karya/bisnis yang Anda tawarkan. Misalnya nomor WhatsApp, link shopee/Tokopedia/dll. 5. Khusus untuk promosi karya, jika

Saat Capek Kuliah Kamu Butuh Jeda Bukan Butuh Nikah

Image
Lelah banget kuliah banyak tugas. Skripsi nggak selesai-selesai. Pengen nikah aja, tapi jodoh belum dateng. Gimana dong? Tak jarang kita menemukan keluhan-keluhan serupa kalimat di atas. Biasanya diungkapkan secara langsung sambil menghela nafas panjang. Atau di tulis di stori akun media sosial sembari berharap keajaiban datang. Memangnya kalau udah menikah tugas kuliahnya bakal selesai? Memangnya kalau menikah skripsinya bisa tiba-tiba rampung gitu? Ya, minimal kan ada yang buat sandaran saat ngerasa capek banget. Kalau begitu alasannya, mungkin kamu hanya butuh waktu untuk berhenti sejenak dan mengambil waktu untuk menenangkan diri. Tubuh dan jiwamu perlu jeda agar tidak terus menerus terpapar tekanan. Hal yang wajar apabila dalam proses perjuangan mengalami masa-masa lelah. Namun, solusinya bukan menikah. Mengapa? Menikah tidak membuat lelahmu berkurang. Lagi pula, tujuan menikah bukanlah untuk melarikan diri dari tugas kuliah dan skripsi. Kenali Perasaanmu dan Analisa K

Karima Hanna: Rias Pengantin Rekomendasi Daerah Moga Pemalang dan Sekitarnya

Image
Menjelang pernikahan ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Dari mulai persiapan berkas yang perlu dikumpulkan ke KUA, tes kesehatan, hingga undangan serta dekorasi pelaminan. Jika tak ada perencanaan matang, bisa keteteran sampai hari-H nanti. Hal lain yang tak kalah penting untuk disiapkan adalah penata rias pengantin yang cocok dengan selera dan isi dompet kita. Banyaknya hal yang harus dibeli dan dipenuhi untuk menyusun acara pernikahan yang sesuai impian, menjadikan kita harus pintar dalam mengelola keuangan. Termasuk dalam hal memilih calon penata rias pengantin dan wedding organizer.  Jika kamu berada di daerah Moga, Pemalang, dan sekitarnya. Ada Karima Hanna yang bisa menjadi rekomendasi pilihan untuk menemani hari bahagiamu. Berikut ini beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan jika memakai jasa Karima Hanna. Selain menemani di hari pernikahan, Karima Hanna juga menerima jasa make up prewedding.  Tak Perlu Khawatir Soal Harga Di masa pandemi, Karima Hanna member

Jomblo Itu Anugerah Jangan Diratapi

Image
Lihat yang lain yang-yangan kok ya pengen, tapi nasib belum punya gandengan. Gimana dong? Menjadi jomblo ada aja ujiannya. Dari mulai menyaksikan teman yang gonta-ganti pasangan sedangkan kamu satu aja susah banget dapetinnya. Hingga mendapatkan olok-olok karena dari tahun ke tahun sendirian terus. Sampai-sampai dikatain, "truk aja gandengan, masa kamu enggak?" Atau, "sandal aja ada pasangannya, masa kamu enggak?" Padahal jika kita renungi kembali, truk dan sandal kan memang barang. Sebuah objek yang memang keberfungsiannya akan berkurang apabila tak ada gandengannya. Eh, tapi manusia apakah akan berkurang fungsinya juga jika nggak punya pasangan? Berkurang atau tidak, tergantung dari sudut pandang mana pembahasannya. Menurut kamu bagaimana? Apakah menjadi jomblo membuatmu merasa ada yang kurang? Jomblo Itu Anugerah Jangan Diratapi Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan saat dalam posisi jomblo. Dari mulai mengembangkan diri, fokus pada cita-cita, dan men

Mengerjakan Skripsi Kok Lama Banget?

Image
Niatnya sih ada, tapi pas mau mulai ngetik kok rasanya berat banget ya? Seringkali perasaan-perasaan semacam itu timbul tenggelam. Ada banyak pertanyaan yang tak kunjung menemukan jawaban. Mencari-cari sumber kecepatan dalam penyelesaian skripsi, tetapi tak jua ketemu. Tiap hari mikirin gimana caranya biar cepet selesai sampai lelah sendiri. Padahal cuma rebahan dan nggak ngapa-ngapain. Kok bisa capek banget ya? Melihat teman satu persatu lulus terlebih dahulu, perasaan jadi campur aduk. Ada semacam dorongan untuk cepat-cepat menyelesaikan studi, jadi lebih semangat. Namun, di sisi yang lain juga muncul rasa minder dan tak percaya diri. Nggak jarang juga membanding-bandingkan diri sendiri dengan yang lain. Bukannya tambah rajin malah tambah males. Kadang emang isi pikiran yang berdesakan bikin diri tambah tertekan, cemas, takut, dan stress. Merasa Dikejar-kejar tapi Ternyata Jalan di Tempat Berbulan-bulan berkutat dengan buku, bimbingan, dan revisian. Seolah-olah banyak yan

4 Cara Agar Pernikahan Harmonis dan Langgeng

Image
Pernikahan selalu diwarnai oleh masalah yang datang silih berganti. Mendapatkan pernikahan yang harmonis dan langgeng adalah impian banyak orang. Disadari atau tidak, dalam setiap hubungan akan selalu diuji dengan permasalahan yang beragam. Kadang, datangnya secara mendadak dan tak terduga. Masalah yang muncul dapat menimbulkan tekanan batin, cemas, dan trauma. Banyak kita jumpai curahan hati di media sosial tentang keretakan rumah tangga yang dialami oleh seseorang. Banyak faktor yang menjadi alasan di balik renggangnya sebuah hubungan. Akan tetapi, tidak semua orang mampu memahami sumber masalah dan cara menyelesaikan masalah tersebut. Jika kita mau mengingat kembali bagaimana proses menuju pernikahan, tentu mengambil keputusan untuk bercerai tampak berat dan menyedihkan. Tak terbayangkan pernikahan yang dibangun penuh cinta pada akhirnya harus kandas di tengah jalan. Apabila hati kalut dan pikiran carut marut karena masalah yang berlarut-larut, maka mengingat kembali pro

4 Tips Booking Hotel Terdekat dan Murah

Image
Menjelang akhir pekan sebagian orang biasanya ingin menghabiskan waktu liburnya di tempat pariwisata. Kepenatan yang dirasakan karena rutinitas pekerjaan seringkali membuat orang-orang ingin mencari suasana baru barang sehari dua hari. Di tempat wisata, kelelahan psikologis dapat menyusut karena suasana yang menyenangkan dan jauh dari tekanan. Pergi ke tempat wisata juga dapat menjadi salah satu pilihan untuk meredakan rasa bosan, jenuh, dan hampa. Beragam jenis wahana bisa membuat sebagian orang tertarik dan mencoba hal-hal baru sehingga mengalihkan pikirannya beberapa waktu. Dalam hidup, memang kita butuh waktu untuk memberikan ruang istirahat pada pikiran agar tidak terus menerus memikirkan problematika yang ada. Menghabiskan waktu liburan dengan pergi ke tempat wisata seringkali tak cukup beberapa jam saja. Agar lebih maksimal dan menikmati suasana yang menyenangkan lebih lama lagi, kita bisa menyewa tempat penginapan yang bisa menjadi tempat istirahat sementara. Se

Ingatan Kebersamaan di Kelas dan Rasa Kangen yang Melekat

Image
Pagi ini tiba-tiba terbersit kenangan tiga tahun silam. Ingatan tentang rombongan belajar yang berjuang bersama dalam satu kelas. Masa-masa itu tampak baru kemarin dilewati.  Aku menghela nafas panjang. Memperhatikan kipas angin yang menggeleng ke kanan dan ke kiri. Lalu menerawang jauh ke langit kamar. Di sana, di pikiranku sendiri tergambar jelas wajah-wajah teman sekelas yang khas. Aku membayangkan dulu di jam-jam ini kita tengah menuju pembelajaran kuliah jam ketiga. Suasana yang diluputi rasa kantuk, lesu, dan tidak fokus. Memang menjelang jam makan siang, kuliah terasa lebih panjang. Jam dinding seakan bergerak lebih lambat dari biasanya. Kalau sedang tidak fokus di kelas, biasanya aku mengamati ekspresi dan perilaku teman-teman yang duduknya paling dekat. Ada yang sibuk main game online. Ada yang melipat tangannya dan membenamkan kepalanya hingga tertidur pulas. Ada juga yang diam-diam makan donat, cireng, kentang goreng, dan es yang dibeli sebelum jam kuliah dimula

Konsultasi Psikologi Online dapat Membantu Meredakan Kecemasanmu

Image
Banyaknya tuntutan dalam hidup yang dijalani seringkali menimbulkan rasa tertekan, cemas, dan stress. Hal yang wajar apabila kita merasa lelah dengan rutinitas sehari-hari yang dijalankan. Keadaan yang tak pasti seringkali menimbulkan berbagai tuntutan. Tak jarang tuntutan tersebut membuat perasaan menjadi tidak tenang. Rasanya semacam ada ketidak nyamanan yang muncul dan menghantui kepala kita. Dalam menghadapi setiap tuntutan, tak semua orang bisa melaluinya dengan baik. Sebagian memilih membiarkannya dan menimbun perasaan tidak nyaman hingga akhirnya meresap sampai ke alam bawah sadar. Namun, semakin menumpuk perasaan tidak nyaman ini akan semakin besar kemungkinan meledak di suatu hari nanti yang mau tidak mau harus diatasi. Perjalanan setiap orang dalam mencari solusi untuk memenuhi tuntutan hidup berbeda-beda. Medan juang yang dilewati pun tidak sama. Setiap orang berada di jalannya yang juga dilewati dengan cara masing-masing. Tak jarang dalam perjalanan tersebut menemui k

Nahdlatun Nisa : Strategi Gerakan Kopri Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Image
Pengertian Nahdlatun Nisa Nahdlatun Nisa berasal dari kata nahdlah yang bermakna bangkit dan nisa yang berarti perempuan. Secara harfiah, nahdlatun nisa berarti kebangkitan perempuan. Dalam hal ini, kebangkitan perempuan yang dimaksud ialah gerakan bangkitnya perempuan dari masa ke masa yang menjadi pembaharu tanpa meruntuhkan tradisi. Kata kebangkitan ini semakin santer terdengar di era kontemporer, dimana gerakan kesetaraan gender mulai digaungkan awal mulanya pada abad 18-an. Sementara sejarah Indonesia pada waktu itu lebih banyak memposisikan perempuan pada kelas kedua. Posisi tersebut membuat perempuan selalu di bawah laki-laki dalam memperoleh hak kesehatan, pendidikan, ekonomi, politik dan sosial. Hambatan-hambatan yang dialami membuat perempuan tergugah untuk memperjuangkan kesetaraan haknya. Pada masa itu, perempuan tidak boleh bekerja dan hanya mengerjakan pekerjaan domestik. Perempuan harus patuh terhadap suami, harus berbakti kepada suami, anak-anak perempuan tidak mend