Psikologi Itu Mempelajari Apa Sih?

Secara bahasa, psikologi berasal dari kata “psyche” yang bermakna jiwa dan “logos” yang berarti ilmu pengetahuan. Sehingga secara etimologi, psikologi dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang jiwa manusia. Dalam pengertian lain, psikologi didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang proses mental dan perilaku yang dilakukan secara saintifik. Apa maksud dari saintifik? Saintifik dapat diartikan sebagai proses sistematik atau ilmiah.

Psikologi tidak mempelajari jiwa secara langsung karena sifat atau definisi jiwa itu sendiri masih abstrak. Akan tetapi, dalam mempelajari psikologi, kita dapat melihat dan mengamati manifestasi dari jiwa manusia seperti tingkah laku dan proses yang ada di dalamnya. Dari sanalah kemudian psikologi disebut sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku dan proses mental. 

Perdebatan tentang definisi psikologi masih berlanjut sampai sekarang. Para ahli memiliki definisinya masing-masing. Akan tetapi, secara umum dari sekian pendapat yang berbeda ditemukan kesamaan tentang definisi itu yakni ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya. Dalam perkembangan berikutnya, ada beberapa aliran atau mazhab di dalam psikologi. Tiga contoh mazhab besar dapat kamu baca di sini.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca tulisan-tulisanku di Cersius. Jika kamu ingin tahu tulisan-tulisan terbaru yang diunggah di Cersius kamu bisa mengikuti akun media sosialku di Facebook maupun Instagram.

Jangan lupa share tulisan ini di akun media sosialmu ya!

Comments

Populer

Menulis Sebagai Jalan Menenangkan Diri

Budaya Organisasi dan Bagaimana Mempertahankannya

Psikologi pada Masa Yunani Kuno

Apakah Rasa Sepi Bisa Dilenyapkan?

Nalar Kritis dan Gerakan Mahasiswa Era Sekarang

Teori Harapan

Gejala-gejala Avoidant Personality Disorder (Gangguan Kepribadian Menghindar)

Bagaimana Kepribadian yang Sehat Itu?